Tuesday 19 May 2009

Bosan dengan install ulang OS


Ini mungkin yang dialami oleh kebanyakan teman saya, mereka saat ini mengakui sendiri lelah untuk memelihara OS barbayar yang memang sudah menjadi OS paling banyak digunakan untuk saat ini. Mulai dari menjaga antivirus agar terus up to date dan juga OS yang digunakannya agar update juga. Belum lagi software-software yang digunakan agar juga update dengan versi terbaru.. wah cape juga ya :)

Tentunya hal diatas hanya bisa dilakukan bagi mereka yang memang menggunakan OS dan juga software legal, sehingga mereka bisa mendapatkan security update yang mereka butuhkan. Tapi bagaimana dengan yang memakai bajakan :D

Selain mereka telah melanggar hukum cipta, mereka tidak akan dapat mengupdate OS maupun software yang digunakan. Karena bagi yang menggunakan OS maupun software bajakan, pada saat akan melakukan update di internet biasanya akan ketahuan bahwa yang digunakannya adalah ilegal.

Trus bagaimana... ya biasanya mereka tidak akan melakukan update di internet dan akibatnya maka OS maupun software yang mereka gunakan akan sangat rentan keamanannya, terutama dari virus, spyware dan sebagainya.

Sebetulnya saya sudah pernah memberikan gambaran disini jika kita menggunakan semua OS dan software secara legal. Walaupun mahal tetapi keamanannya terjamin dan lebih stabil karena update security secara berkala. Bagi yang belum mampu membeli semuanya secara legal kita juga bisa bisa hanya dengan membeli OS nya yang legal dan untuk software lain cari alternatif yang freeware atau gratisan.

Solusi totalnya ya kita menggunakan OS dan software berbasiskan opensource, walau tetap tidak terhindar dari update yang memang dibutuhkan, namun hal tersebut didapatkan dengan cuma-cuma alias gratisss..

Memang sebuah dilema yang sudah manjamur dan mengakar kuat untuk merubah persepsi itu. Namun kita harus tetap berusaha untuk menghargai karya cipta orang lain, walaupun belum total stidaknya kita sudah berusaha.

Contoh nyata dari orang-orang yang bosan dengan install ulang adalah teman-teman saya, mereka kini telah melihat lebih dari sekedar yang biasa. Mereka mulai beralih ke opensource. Walau mereka membutuhkan pengorbanan lagi untuk mempelajari yang belum biasa itu. Namun setidaknya meraka sudah lebih baik.

1 comment:

  1. Masih suka pake bajakan krn harga yg ORI itu overprice....

    ReplyDelete