Tuesday 19 May 2009

Membuat File PDF dengan Mudah

Berikut adalah cara membuat file PDF dengan mudah dan cepat, pada kesempatan ini saya menggunakan software gratis dari http://www.mrbass.org/freeware/pdfcreator/ untuk membuat file PDF, alasan mengapa saya gunakan software gratis karena saya suka yang gratis-gratis.
Spesifikasi komputer yang saya gunakan adalah:
1. Prosessor: Intel Pentium M 1500 MHz
2. Memory: DDR 256 MB
3. OS: Microsoft Windows XP Profesional
Berikut prosedur yang harus dilakukan:
• Download software
Silahkan kunjungi situs dari http://www.mrbass.org/freeware/pdfcreator/. Silahkan download file PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe versi terbaru, pada saat saya menulis ini versi terbaru adalah 0.8 (7.21 MB).
• Install Software PDFCreator-0_8_0_GNUGhostscript.exe
Install software yang baru saja didownload dengan cara diklik 2 kali. Pilih bahasa yang digunakan, saat ini hanya ada 2 pilihan bahasa yaitu Inggris dan Belanda, jalankan sesuai dengan perintah yang ada sampai dengan FINISH.
• Install Patch02-PDFCreator-0_8_0.exe (572KB)
Setelah selesai install pada point 2 diatas, saya sarankan untuk menginstall Patch yang telah disediakan dengan cara download Patch02-PDFCreator-0_8_0.exe. Install Patch seperti pada point 2.
• Jalankan program
Jalankan program yang telah diinstall, dengan cara klik START - All Programs - PDFCreator - PDFCreator. Kemudian akan muncul windows baru, klik document - add pilih file yang akan dijadikan PDF kemudian akan muncul windows baru lagi dan tekan SAVE.
Cukup sederhana bukan? PDFCreator bukan satu-satunya software yang dapat digunakan untuk membuat file PDF, ini hanyalah satu pilihan dari sekian pilihan yang ada di internet, silahkan cari di GOOGLE jika ingin mencoba-coba.
Adobe Reader 7 dapat juga digunakan untuk membuat file PDF, akan tetapi Adobe Reader 7 sudah mulai menggunakan lisensi, dan ini tentunya akan memberatkan karena harga lisensi yang mahal. Selain itu dapat juga digunakan OpenOffice baik versi Linux maupun Windows.

No comments:

Post a Comment